My Very First Trip to Thailand! (2)

Wednesday, April 13, 2016

สวัสดี ค่ะ , back with me again :)

Jadi, gue mau terusin cerita gue dari entri ini -> http://alfaline26.blogspot.co.id/2016/04/my-very-first-trip-to-thailand-1.html . FYI, gak ada perbedaan antara waktu Indonesia dan waktu Thailand yah :)

DAY 1 (Rabu, 9 Maret 2016)
Jadi, sebelum kami otw ke Pattaya, kami mengisi perut dulu di Bangkok. Laper juga dari pagi sampai menjelang sore gak makan, kan... Sebenernya makan sih di pesawat, tapi tetap aja gak cukup hehehe.

Bangkok

Jujur, selama di Thailand, gue jarang memperhatikan waktu hehehe (procrastinator problem) . Kira - kira setengah jam perjalanan kami sampai di Professional Indonesian Guide Club. Disini terdapat restoran halal. Kurang tahu sih sebenarnya ini tempat khusus restoran aja atau gimana.

It's time for (late) lunch!

Looks yummy, right? Ini semua rasanya enak banget, I can't explain it, tapi pokoknya enak lah, kecuali yang di sebelah kanan capcay, itu sejenis sayur Thailand yang gak pernah gue temuin di Indonesia. Baunya aneh, jadi gue gak berani makan. Gue juga cuma nyicip sambel Thailand, pedesnya aneh. Disini halal semua ya guys, yang jualan pun pakai kerudung, so buat yang mau ke Thailand tapi bingung mau makan dimana, don't worry! You can go there :)

Selfie

Gue ganti baju karena gue pikir gue bakal ke pantai lol

Maapin yak selfie terus lol

Setelah kira - kira satu jam makan, kami berangkat menuju Pattaya. Perjalanan menuju Pattaya kira - kira 2 jam.

Jalanan di Pattaya

Gue gak banyak foto disini karena gue ketiduran, capek hahaha.. Gue ngerasa Bangkok-Pattaya kayak Jakarta-Bandung hahaha kayak Bangkok tuh ibukotanya, terus di antara Bangkok dan Pattaya ada pabrik just like Jakarta-Bandung, di tengah-tengahnya, Cikarang itu pabrik (Aline anak Cikarang banget dah) dan Pattaya udah kayak Bandung. Okay, please ignore this, guys hahaha.

Sekitar jam 6, kami sampai di Floating Market Pattaya. Seharusnya sih rombongan 2 ke Big Bee Farm dulu, karena itu kunjungan wajib dari pemerintah Thailand. Berhubung kami sampai di Pattaya sekitar jam 6, which is udah tutup, jadinya kunjungan ditunda ke hari lain.
Sampai di Pattaya Floating Market yayyyy (in frame: @laylikachoi on Insta)

Please ignore my-sok-serem-face lol

Pattaya Floating Market ini jual berbagai macam barang, seperti sabun, baju, souvenir khas Thailand dan makanan. Gak fotoin toko-tokonya karena sibuk selfie lol. Disini gue beli permen kelapa dan permen durian. Harganya cuma ฿20 atau Rp8000,- (฿1 sebenarnya sama dengan Rp374,- , cuma supaya genap aku anggap ฿1s sama dengan Rp400,-). Lumayan kan buat di kosan, pikir gue gitu. Eh taunya pas gue bagi-bagi anak kosan, mereka bilang kalau permen kayak gitu juga ada di Indonesia. Maap yak bos hahahaha gue gatau :p

Setelah kami main-main di Pattaya Floating Market, kami pergi untuk dinner. Gue lupa nama restorannya, tapi restoran ini dekat sama Alcazar Show Pattaya. Alcazar Show Pattaya itu tempat cabaret show budaya. Yang unik di Alcazar Show Pattaya, shownya dimainkan oleh ladyboy hehehe. Nonton show ini optional buat angkatan kami. Harga tiketnya ฿700, karena gue bawa duit pas - pasan untuk jajan di Thailand, gue gak nonton. Buat yang kepo kayak gimana shownya, bisa lihat di website resminya http://www.alcazarthailand.com/en/site/index .

Oh ya, ini foto-foto gue (maafkan plisssss, maafkan) selama dinner hahaha

Dinner menu. Thanks to Tami yang pindahin foto-fotonya ke laptop gue, jadi fotonya bisa gue colong. Maaf yak Tam :(

Lagi - lagi, gue gak foto makanan karena sibuk foto diri sendiri hikshiks maafkan kenarsisan gue, guys. Makanan disana enak-enak, suasananya nyaman, ada wifi, cuma yang gue kurang suka disini makanannya dingin. Gue kemaren makan sushi dingin disini, dan rasanya jadi aneh banget. Tapi overall enak semua makanannya, disini lebih banyak makanan western sih dibanding makanan khas Thailand.

Setelah dinner, kami langsung pergi menuju Mike Beach Resort untuk istirahat. Kami sampai resort kira-kira jam 10.  Setelah mandi dan beres-beres, gue ngaso sebentar, nonton TV (iya, TV Thailand, dan gue sok sok ngerti) sambil nungguin Angel, temen sekamar gue selesai rapat panitia, karena kita mau jalan-jalan keliling Pattaya, yey. Selama nunggu Angel, kerjaan gue bolak-balik ganti channel sambil banding-bandingin bedanya iklan, film, sinetron, show di Thailand sama di Indonesia gimana lol. Eh ternyata mirip-mirip. Film bule di dubbing pake bahasa Thailand. Sinetron yang semua pemerannya melototin mata juga ada di channel TV sana. Yah, gak jauh beda lah. Karena Angel rada lama rapatnya, gue juga sempet-sempetin foto-foto di kamar.

Jam 11, yang ditunggu akhirnya dateng juga. Gue langsung cus pergi sama Angel, Oci, Dimda, Diah.

Pattaya beach in da night. Gak jauh beda ah sama di Ancol hehhehe

Disini banyak banget Thai Street Food, dan aromanya menggiurkan banget :D
Source: google. Gue ditraktir makan ini sama Oci.Ini tuh Pork and Chicken Satay from Thailand. I actually don't like pork, tapi ini rasanya enak banget dan gak amis! Price: ฿60 / Rp24.000,-

Setelah jalan malam, kami istirahat di hotel.

DAY 2 (Kamis, 10 Maret 2016)

Gue bangung jam 6 pagi terus mandi, dan sarapan! Sayang banget gue gak sempat foto sarapan gue karena kita harus buru-buru ke tujuan wisata (ciaelaah) lainnya. Makanan disana enak-enak, gue sengaja gak makan nasi disana supaya semua dessert bisa gue cobain hahaha. Disini sarapannya semua ala ala western, gak ada makanan khas Thailand. Oh ya, buat yang kepo sama hotel ini, bisa kepoin di http://www.mikehotel.com/ . Ratenya 3 stars dan ada fasilitas wi-fi.

Sekitar jam 7, kami naik bis untuk berangkat menuju Gems Gallery, Pattaya. Gems Gallery adalah usaha perhiasan batu (mungkin semacam batu akiknya orang Indonesia kali ya, cuma dia beda jenis) yang dikelola oleh keluarga Raja Thailand. Ini merupakan kunjungan wajib dari pemerintah Thailand.

Kami sampai di Gems Gallery jam 8 kurang. Di Gems Gallery, gue gak foto apa-apa karena emang gak boleh sama pihak Gems Gallerynya. Disana, kami disuruh naik semacam kereta-keretaan (?) untuk melihat sejarah pengelolaan batu perhiasan di Thailand dari masa ke masa. Di kereta, ada semacam tape recorder buat jelasin tentang sejarahnya dan bisa pilih berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Hal yang patut ditiru sama Indonesia sih menurut gue.

Setelah lihat sejarah, kami dikasih waktu untuk beli oleh-oleh perhiasan di Gems Gallery. Sebenernya sih mau beli, tapi karena gue udah ngebayangin bakal banyak belanja di MBK, gue urungkan niat. Hehehehe.

Buat kalian yang kepo, bisa cek websitenya disini http://www.gems-gallery.com/ .

Kira-kira jam 09.30 kami selesai. Kami langsung cussss ke Nong Nooch Garden. Still in Pattaya hehehehe. Oh ya, seperti biasa, you can check their official website on http://www.nongnoochgardenpattaya.com/ but their website is in Thai language :(

Khas Thailand

Pertunjukkan tari tradisional Thailand

Cool show!

Show selesai. Their toilet is super colorful! Cool place for taking OOTD's photo, yea? Sayangnya, toilet ini cuma nyediain paper tissue.

Setelah puas nonton show budaya, masih di lokasi yang sama, kami cusss nonton Elephant Show.

Cerita dikit nih. Jadi, abis gue ambil selfie ini, temen gue, Andreas, ngeledekin gue gara-gara gue malah selfie disaat yang lain fotoin pertunjukkan gajahnya. LOL

Show belum selesai, kami langsung pergi ke restoran disana untuk makan siang. Eh salah deh. Sebelum ke restoran, kami OOTD-an dulu. Azegh.

In frame: @aqmarinasani on insta

In frame: @liarospitas on Insta

Setelah OOTD, kami langsung cus makan. Gue makan lumayan banyak disini, makan nasi, ayam, kwetiauw, telor, dan yang paling khas Thailand adalah Tom Yum. Enak sih, cuma not my favorite, karena agak asem gitu rasanya.

Lunchie, lunchie :) Keliatannya enak, padahal kurang manis. Hiks. Untung gue udah manis *dilempar batu*

Next, kami yang kemaren udah disatuin sama rombongan 1, harus dipisah *nangis* karena rombongan 2 harus kunjungan ke Bee Farm Market. Perjalanan kira-kira setengah jam.

Di Bee Farm Market, kami dapat penjelasan mengenai cara ngambil madu dari sarangnya, jenis-jenis lebah yang dipelihara disana, dan khasiat madu dan susu lebah. Mbak-mbak yang jelasin disana pake bahasa Indonesia. Gue gak ambil foto disana karena gue pusing kepanasan. Thailand sama Indonesia sama panasnya, cyin..... Paling gue cuma update path aja pake hp Sani. Gue juga gak beli apa-apa di Bee Farm Market ini *hemat ftw!*. Oh iya, gue sama Sani beli simcard dtac selama di Thailand, harganya ฿300 atau Rp120.000,- . Itu udah termasuk paket unlimited seminggu. Mahal juga yah. Di Indonesia harga segitu bisa buat sebulan kan ya :(. Kami patungan, simcardnya di hp Sani dan gue numpang ngepath dan tethering.

Oke, setelah kurang dari 1jam, kami pergi ke tempat jualan snack, gue lupa namanya. Gue gak foto sama sekali karena sibuk belanja hahaha. Gue belanja habis ฿600 buat beli - beli disana. Gue beli sabun beras Thailand 1pack (12 biji), snack ikan yang panjang-panjang itu loh... entah apa namanya, ada pokoknya di film Love at 4 Size http://www.sharingmovies.net/2013/05/thai-movie-love-at-4-size-2011-mb.html . Gue juga beli suvenir tempat naroh koin yang ada boneka gajahnya gitu, gemay deh.

source: https://sabunberasthailandasli.wordpress.com/perihal/ . Sabun yang gue beli di Pattaya Market. Sabunnya enak banget buat badan dan muka! Should I give a review about this soap?

Berakhirlah perjalanan kami di Pattaya. Dari Pattaya market yang entah apa namanya gue lupa, kami langsung otw Bangkok. Perjalanan sekitar 2 jam. Lagi-lagi, gue gak foto karena gue tidurrrr hehehe.

Kami sampai di Bangkok kira-kira jam 17.00 waktu Thailand. Kami dikasih waktu buat belanja di Ma Boon Khrong Mall a.k.a MBK Mall. Mall ini terkenal banget ya kayaknya di Thailand.

Otw MBK, ketemu taksi lucu ini hahaha

Seberang MBK. MBK terhubung dengan Bangkok Mass Transit System/BTS. Sayangnya kita gak bisa naik BTS karena waktu yang super padat. Hiks. Padahal kan pengen ngerasain kayak di Bangkok Traffic Love Story.

Sampai juga di MBK Mall. Gue belanja berdua sama Sani. Gue gak beli banyak sih di MBK ini. Kesan gue, mall ini mirip-mirip lah sama ITC Mangga Dua, versi lebih bersihnya tapi. Hehe.

Di MBK gue sibuk nyariin makeup&skincare khas Thailand. Tapi gak nemu yang harganya pas sama kantong :( ke Watson juga harganya sama aja kayak di Indonesia. Gue pengen banget ke Eve&Bone, tapi gaktau arah jalan dan waktu belanja kita cuma sebentar hixhix. Gue akhirnya cuma beli suncare merk Boots, beli di storenya Boots. Harganya murah parah, cuma ฿34 atau Rp13.600,- untuk 100ml (It should be ฿36, tapi karena gue turis (ea) gue bebas pajak hehehe) bayangkan gaessss!!! Ini dia suncare yang gue beli... tadaaaaa.. (apaan sih lin hahaha)

Setelah belanja belanja, kami selfie sambil nunggu bis :)

Selfie with Lia, Mumun, Sani, Syania :)

Selfie with ABT6B yayyyy

Sekitar jam 7 malam, bis dateng. Kita langsung otw Asia Hotel Bangkok. Gak kok, perjalanan kita belum berakhir hehehhe. Kita ke Asia Hotel Bangkok for dinner, yey!

Source: google. Our dinner place :)

Menurut gue, menu-menu yang disajikan di Asia Bangkok Hotel gak jauh beda sih sama menu-menu yang disajikan pas dinner di Pattaya. Bedanya, main course di Asia Bangkok Hotel lebih ke Asian foods. Dan lagi-lagiiiii... gue nemu sushi dingin disini:/ Tapi overall enak-enak kok makanannya.
Selfie during lunch. In frame: Sani&Lia

My friend's dinner menu. Colong dari Tami lagi lol

FYI, gue selalu nemu menu Tom Yam di setiap restoran/hotel yang kami kunjungi. Sengaja kali ya... untuk nunjukkin makanan ciri khas Thailand hehe. Gue biasa aja sih selama makan tom yum, tbh gue emang gak terlalu suka main course yang rasanya asem. Tapi tom yum not bad kok, still acceptable lah.

Selesai makan, kami otw Asiatique The Riverfront. Asiatique The Riverfront itu... how to explain ya.. Semacam pasar malam kali ya? Tapi versi kecenya gitu. Pasar malam ini deket sama sungai Chao Praya. Ada tempat jualan suvenir, kfc, foodcourt, bar, bianglala, dan yang paling kece sih, kita bisa beli tiket untuk liat Bangkok in the night with river boat. Asek. Setelah gue browsing, ternyata disana ada juga puppet show, gue gak merhatiin.

Left to right: Sani, Lia, Me

Kece banget tempat ini menurut gue. Travel guide kami sih bilangnya barang-barang jualan disini mahal-mahal. Tapi ternyata setelah kami keliling-keliling Asiatique, harga barang-barang disini gak jauh beda sama MBK atau tempat jualan di Pattaya kemarin. Lesson learned: Jangan percaya sama travel guide 100 persen.

Gue sempet rada bete karena gue gak bisa naik river boat disini hiks. Padahal  gak terlalu mahal, ฿45 kalau gak salah. Pas gue mau beli tiket (sekitar jam 9 malam), eh hp gue ada notif dari grup kelas yang nyuruh kami ke meeting point buat berangkat ke hotel. Udah buru-buru ke meeting point, eh ternyata masih harus nunggu bis, dan masih banyak anak ABT yang keliling-keliling dan shopping di Asiatique. Jadilah gue ngeluh selama nunggu bis. Huft.

Akhirnya, bis dateng jam 10. Kami berangkat menuju Aunchaleena Hotel Bangkok. Perjalanan menuju hotel kira-kira setengah jam. I don't really remember what did I do setelah sampai hotel, disini gue udah ngantuk dan pihak panitia gak kasih waktu bebas untuk kami. Yang gue inget cuma, gue beres-beres disini, balesin chat (ada free wifi di kamar), ngobrol sama Angel lalu tidur.

That's it for trip in 1st & 2nd day. I will write write about 3rd and 4th day trip in new entry, I'm afraid that this blog will be too long to read and you guys will get bored :( so, see you on the next entry ;)